oleh

Bupati Buka Lomba O2SN Tingkat Kabupaten

LOMBOK TENGAH – Sebanyak 181 siswa siswi pilihan di masing masing Kecamatan se Lombok Tengah (Loteng). Mulai dari tingkat SD dan SMP, adu ketangkasan dalam lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Loteng tahun 2024.
Lomba O2SN tersebut di buka langsung Bupati Loteng H. Lalu Pathul Bahri di halaman Dinas Pendidikan Loteng, Selasa (11/6).

Bupati Loteng H. Lalu Pathul mengatakan, O2SN sejatinya salah satu langkah dalam mencari bibit unggul, yang nantinya akan mewakili Loteng, dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi, Nasional hingga Internasional.

“Selama ini tidak sedikit peserta kita mengharumkan nama baik daerah, makanya di lomba ini kita cari bibit unggul untuk nantinya akan mewakili Loteng ke tingkat yang lebih tinggi,” katanya.”Yang juara nantinya akan diberlakukan pelatihan khusus, biar atlit kita bisa mengharumkan nama daerah,” sambung ketua DPD Gerindra ini.

Selama lomba, pihaknya berharap, dewan juri untuk jujur dalam memberikan nilai, sesuai ketangkasan masing-masing.

Selanjutnya kepada semua peserta, untuk menjunjung tinggi sportifitas, selama lomba berlangsung. “Dewan juri harus jujur dan peserta harus mengedepankan sportifitas selama berlomba,” pintanya.

“Harapan kita nanti para peserta ini bisa menjunjung tinggi sportifitas, termasuk para juri.” Jelasnya.

Selanjutnya, sebagai bentuk penghargaan kepada para peserta yang sukses mengharumkan nama baik Loteng di level yang lebih tinggi. Tentunya akan ada reward. “Bentuk reward, nanti kita rundingkan,” cetusnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Loteng H. Lalu Idham Halid menyebutkan, adapun lomba yang di lombakan dalam O2SN ini diantaranya, untuk cabang olahraga ada karate, atletik, silat, renang, bulu tangkis, dan lainnya.

Selanjutnya kepada para dewan juri, di setiap lomba atau pertandingan hendaknya mengedepankan keprofesionalan. Sebab para juara akan mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi, Nasional hingga internasional.

“Mari kita hilangkan rasa ego, kasihan ataupun ada hubungan keluarga, yang layak dapat nilai tinggi itu kita kedepankan, mengingat ajang ini bertujuan mencari bibit unggul dan pilihan, untuk nantinya akan mengharumkan nama baik daerah di level yang lebih tinggi,” pintanya.

Kemudian untuk para peserta, mari junjung tinggi sportifitas dan tanamkan semangat juang jadi juara sejati. Taati semua aturan dan silahkan ikuti lomba ini sampai selesai. (*)