Tambora Menyapa Dunia 2015

Pembukaan sosialisasi ditandai dengan pemukulan Gendang Beleq
Pembukaan sosialisasi ditandai dengan pemukulan Gendang Beleq

Promosikan Potensi Pariwisata NTB

Mataram, corongrakyat.co.id – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Muh. Amin, SH. M.Si mengatakan seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dan dalam rangka memajukan industri pariwisata, Pemerintah Daerah  akan terus meningkatkan upaya-upaya lebih banyak lagi untuk menarik kunjungan wisatawan.
’’Alhamdulillah sampai saat ini kunjungan wisatawan terus meningkat dan kita targetkan                 Tahun 2017 nanti kita akan didatangi oleh 2 juta wisatawan dalam maupun Luar Negeri salah satu efeknya adalah Tambora Menyapa Dunia inilah event yang kita harapkan lebih mendongkrak lagi kunjungan Wisatawan  di NTB,’’ jelas  Muh. Amin  kepada sejumlah media usai membuka  Acara Sosialisasi Tambora Menyapa dunia (What and How Tambora  Menyapa Dunia 2015)  di Hotel Idoop Mataram,  Sabtu malam (08/11/2014).
Muh. Amin mengatakan, kegiatan Sosialisasi Tambora Menyapa Dunia ini menghadirkan 55 (lima puluh lima)  Pengusaha Travel dari berbagai negara  yang difasilitasi Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata NTB untuk mempromosikan potensi pariwisata dalam rangka memajukan industri pariwisata daerah.
’’Tentu kita akan menjual keindahan alam kita  tentang Potensi Nusa Tenggara Barat kemudian  juga seni tradisional kita, kerajinan-kerajinan kita   kami harapkan  momentum event ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan,’’ujarnya
Muh. Amin menambahkan bahwa kegiatan ini adalah merupakan event yang sangat bagus untuk meningkatkan Daya Saing Daerah. Sosialisasi ini juga ditujukan untuk menggaungkan Program Tambora Menyapa Dunia 2015 sekaligus memperingati 200 Tahun meletusnya Gunung Tambora yang berada di Kabupaten Dompu yang merupakan salah satu dari 2 (dua) gunung yang menjadi Destinasi Pariwisata  NTB selain Gunung Rinjani.
Ditempat yang sama Kepala Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat Drs. M. Nasir menambahkan  bahwa ada 4 hal yang menjadi Daya Tarik Pariwisata NTB, empat hal itu adalah Wisata Koliner, Keindahan Alamnya, Budaya dan Cendra Mata. Dengan segala potensi yang dimiliki ini diharapkan kedepan jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat.
’’Kita mengharapkan Target Wisatawan Mancanegara  yang mengunjungi NTB 45% dan sisanya kita akan mendorong Wisatawan Nusantara lebih banyak lagi untuk meningkatkan Perekonomian NTB,’’ jelasnya
Dikatakan selain dilengkapi infrastruktur jalan yang memadai, Nusa Tenggara Barat  sebagai salah satu Pintu gerbang Pariwisata Nasional  Pemerintah daerah juga kedepan akan mempersiapkan diri dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik dibidang pariwisata dengan mendirikan Sekolah Tekhnik Pariwisata.
Sementara Ketua DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB Jasnawadi Wirajagat mengatakan, program ini sepenuhnya didukung oleh Dinas Pariwisata dan Bidang Promosi Pariwisata Daerah yang menargetkan lima puluh layer Pengusaha di bidang Pariwisata seluruh Indonesia.
’’Target kami adalah 50 layar yang merupakan travel agent dari seluruh Indonesia namun Alhamdulillah kita hari ini menerima registrasi 55 (lima puluh lima) orang dan tidak hanya dari Indonesia ada juga dari Malaysia, jadi oleh karena itu dengan berbangga hati ini bisa kita sebut  Event Nasional Plus dan besok pagi para peserta, akan kami ajak langsung menuju ke Pulau Sumbawa di kaki  Gunung Tambora untuk menginap dan memperkenalkan kepada mereka bahwa ini potensi Tambora, sebelum menuju ke Desa Pancasila yang merupakan Star Traking Tambora. Kita rencananya akan diterima di pendopo oleh  Bapak Bupati Dompu,’’ jelasnya
Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Dompu untuk mempasilitasi para duta wisata ini yang  akan mendapatkan presentasi potensi wisata daerah dan  melakukan tour di pulau Lombok dan Sumbawa hingga 11 november mendatang.
’’Saat ini kami telah mengirimkan Tim Advanced ke Dompu tiga hari yang lalu dan terus berkoordinasi dengn pemerintah setempat untuk menyambut tamu-tamu yang kita harapkan nanti akan menjadi duta-duta pemasarana Pariwisata Lombok dan  Sumbawa dan 55  peserta ini akan diajak tour ke obyek-obyek wisata disekitar  Dompu  dan Tambora,’’ pungkasnya.(cr-tiq/ann)