oleh

Vaksin Tiba di Lotim, Nakes Jadi Prioritas Pertama Vaksinasi

banner 300500

Vaksinasi covid 19 atau pemberiaan vaksin di Kabupaten Lombok Timur tahap pertama akan diprioritaskan bagi 6.170 orang Tenaga Kesehatan (Nakes).

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id– Sebagai upaya pencegahan penularan virus corona. Sejumlah daerah telah menerima kedatangan vaksin dari pusat, salah Satunya  kabupaten Lombok Timur. Sebanyak 10.720 vial (dosis) vaksin virus corona telah tiba di kabupaten Lombok Timur pada hari sabtu, 30/01/2021.

Adapun pemberian Vaksin ini tahap pertama diprioritaskan untuk sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan dan dinas kesehatan. Hal tersebut di sampaikan Kepala dinas kesehatan Lombok Timur H. Pathurrahman.

“Vaksin ini nantinya akan terlebih dahulu menyasar para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang berada di Lotim sebanyak 6.170 orang yang rencana vaksin ini kami akan laksanakan pada minggu depan,” Ujarnya.

Fathurrahman menambahkan, sebelum vaksinasi  dilakukan terlebih dahulu pihaknya akan mengecek kesiapan dari 35 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Lombok Timur. Setelah semuanya siapa maka Dikes akan merealisasikan vaksinasi tersebut.

Masih kata Fathurrahan, ketika Nakes ingin melakukan vaksin. Harus mendaftarkan dirinya melalui sistem online agar dapat di vaksinasi. Nakes mendapatkan tahap pertama untuk vaksinasi, kemudian nantinya untuk tahap terakhir di lakukan vaksinasi terhadap masyarakat.

“Nakes ini juga nanti kita vaksin dua kali. Supaya mereka kebal dulu sebelum bekerja” Terangnya.

Lebih jauh dirinya menerangkan, standar dari vaksinasi tersebut nantinya di peruntukkan bagi masyarakat yang belum terkena oleh Covid-19. Tidak di perbolehkan bagi masyarakat yang sudah terjangkit Covid-19.

Menanggapi persepsi di tengah masyarakat mengenai bolehkah menolak vaksin tersebut?. Pathurrahman mengatakan bahwa tujuan dari vaksinasi ialah untuk menambah imun.

“Kalau menurut saya sih kalau ada yang seperti itu. Perlu adanya edukasi yang lebih. Karena vaksinasi itu fungsinya untuk meningkatkan imunitas,” Tutupnya. (Cr-wenk).