oleh

Pendamping PKH Kecamatan Terara Launching Labelisasi Rumah KPM

banner 300500

Labelisasi Rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagi tanda  penerima manfaat  PKH, BPS  maupun BPNT. Sehingga semua elemen masyarakat bisa menilai apakah rumah KPM tersebut layak atau tidak untuk menerima bantuan tersebut ataukah memang sudah layak untuk di keluarkan.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id -Guna menumbuhkan kesadaran dan budaya malu bagi keluarga yang tidak berhak menerima bantuan sosial seperti PKH dan BPNT, Pendamping PKH kecamatan Terara Launching labelisasi Rumah KPM.

Berlangsung di kantor Desa Sukadana, acara launching tersebut dihadiri Forkompincam Terara, Korkab PKH Lombok Timur, semua pendamping PKH Terara, TKSK dan perwakilan pemerintah Desa yang ada di seluruh kecamatan Terara. 23/12/2020.

Dalam sambutannya Kordinator PKH Lombok Timur Saparuddin, M.Pd.I menuturkan kegiatan labelisasi Rumah KPM secara serentak seluruh Lombok Timur di semua kecamatan sudah dilakukan. Ia menyebutkan launching labelisasi tingkat kecamatan adalah lanjutan launching dari kabupaten yang di buka oleh wakil Bupati beberapa waktu yang lalu.

“Dari kabupaten sudah dilaunching sehingga teman teman  pendamping di masing masing kecamatan juga ingin di launching,” Ujarnya.

Saparudin manambahkan, tujuan labelisasi ini sebagi tanda rumah penerima manfaat  PKH, BPS  maupun BPNT, sehingga semua elemen masyarakat bisa menilai sendiri apakah rumah KPM tersebut layak atau tidak untuk menerima bantuan PKH atupun BPNT ataukah sudah layak untuk di keluarkan. Hal tersebut menurut Saparudin penting karena banyak nya tantangan SDM PKH di lapangan ketika  melihat penghasilan rumah KPM sudah cukup dan semestinya harus keluar dari penerima PKH dan BPNT tapi KPM tidak mau malah melapor kepada Kadus,Kades,Camat bahkan sampai ke kabupaten tentang pemberhentian dirinya sebagai penerima manfaat dan mengatakan dikeluarkan sepihak oleh SDM PKH.

“Ini kita alami kurang lebih di tahun 2019 dan 2020. labelisasi ini sudah di mulai sejak 2018 tetapi banyak sekali tantangan nya, graduasi sudah di mulai sejak lima tahun program ini berjalan tapi hasil nya masih sangat nihil,” Imbuh Saparudin.

Dirinya berharap kepada camat selaku pimpinan memberikan dukungan  terhadap pemerintah Desa  sehingga labelisasi ini bisa berjalan lancar seperti yang kita harapkan.

“Labelisasi ini tidak hanya di tahun 2020 tetapi akan terus berlanjut di tahun tahun berikutnya. Mudah mudahan  seluruh KPM PKH dan BPTN yang jumlahnya 11 ribu lebih  di kecamatan Terara bisa di labelisasi semuanya tentunya secara bertahap,” Harapnya.

Sementara itu Korcam PKH Kecamatan Terara Suhaili Munahar mengatakan Pendamping PKH di kecamatan Terara dan pemerintahan  kecamatan melalukan launching labelisasi untuk PKH dan BPNT  yang berlangsung di Desa Sukadana. Di Desa Sukadana sendiri  Rumah KPM yang akan di labelisasi sebanyak 96 sampai 100 PKH dan BPNT.

“Labelisasi ini untuk tahap pertama ini akan kami lakukan selama lima hari kedepan dengan sasaran sebanyak 669 KPM yang tersebar di 16 Desa Se kecamatan Terara. Sampai dengan hari ini sebelum labelisasi ini kami launching teman teman pendamping SDM PKH Kecamatan Terara berhasil  di graduasi secara mendiri sebanyak 26 KPM yang tersebar di beberapa Desa, “Papar Suhaili.

Suhaili menyebutkan khusus nya di Desa Sukadana, pendamping PKH berhasil di graduasi sebanyak 11 KPM. Ia berharap kedepan karena kuota untuk labelisasi ini hanya 10% sedangkan jumlah KPM PKH di kecamatan Terara sebanyak 6.690 KPM dan target dari yang 600  adalah KPM PKH yang katagori sudah tidak layak mendapatkan bantuan.

“Kami harapkan sebelum labelisasi ini dilakukan, dengan sukarela KPM yang sudah mampu agar mengundurkan diri karena target kami adalah yang 690 ini KPM yang sudah tidak layak mendapatkan bantuan

Terkait KPM yang mengundurkan diri, Suhaili selaku kordinator pendamping merasa terharu , bahagia dan mengapresasi kerja  pendamping dan juga KPM PKH yang mengundurkan diri.,”Saya optimis kehidupan KPM yang sudah mampu ini akan lebih baik setelah mengundurkan diri,” Tutupnya. (Cr-wenk)