oleh

Melalui LKS Al-Barokah, GOW Lotim Salurkan Sembako dan Kursi Roda bagi Lansia

banner 300500

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lombok Timur Melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LkS) Al-Barokah Desa Gerisak Semanggeleng, Kecamatan Sakra Barat membagikan sembako dan kursi roda bagi warga lansia.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id –Sebagai upaya meringankan beban masyarakat lansia GOW Lombok Timur kembali menyalurkan bantuan paket sembako dan kursi roda bekerjasama dengan Baznas Lombok Timur yang disalurkan melalui LKS Al-Barokah Desa Gerisak Semanggeleng, Kecamatan Sakra Barat pada kamis, 17/12/2020.

Dalam sambutannya ketua GOW Lombok Timur Hj. Siti Kudsiah Rumaksi mengatakan, pembagian paket sembako dan kursi roda untuk hari ini berlokasi di dua titik yakni Sakra Timur dan Sakra Barat.

“ Hari ini kami dari GOW baru saja kembali dari Sakra Timur memberikan bantuan paket sembako berupa Beras, mie,minyak, telor dan gula. Kemudian langsung menuju Desa Gerisak semanggeleng  menyerahkan bantuan paket sembako dan Kursi roda melalui LKS AL-Barokah.

Istri dari Wabup Lombok Timur itu menambahkan, kegiatan sosial yang menjadi kegiatan rutin GOW Lombok Timur ini bekerjasama dengan Baznas untuk membantu meringankan beban masyarakat yang ada di 21 kecamatan.

“Kedepannya kami akan lebih memperhatikan  LKS  yang ada dan  memperbanyak kunjungan untuk melihat langsung  kondisi masyarakat dan menyalurkan bantuan terutama bagi warga lansia.

HJ. Kudsiah berharap bantuan yang berikan kepada masyarakat ini bisa bermanfaat dan LKS AL-Barokah diharapkan tetep istikomah dan bersemangat dalam melanjutkan kegiatan-kegiatan sosial membantu masyarakat kurang mampu.

Sementara itu Ketua LKS Al-Barokah Andi Iskandar, S.Pd.I menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan ketua GOW Lombok Timur yang selalu menyempatkan diri berkunjung dan memberikan bantuan di Desa Gerisak Semanggeleng khususnya kepada masyarakat  binaan LKS AL-Barokah.

“Kedatangan HJ.Siti Kudsiah ke Desa kami bukan kali pertama. Ini merupakan kedatangan nya yang ke tiga kali dengan agenda yang sama yakni membantu masyarakat lansia dan kurang mampu. Tentu ini menjadi semangat tersendiri bagi pengurus LKS dan masyarakat , walaupun berada di pelosok  tetapi ketua GOW selalu berkenan hadir di Desa kami” Ujar Andi.

Andi yang juga merupakan Sekdes Desa  Gerisak Semanggeleng itu menambahkan LKS Al-Barokah berdiri sejak tahun 2014 ini sempat vakum  dikarenakan  aturan yang belum tertata dengan baik dan masih kekurangan relasi untuk mengakses biaya operasional untuk kegiatan kegiatan sosial.

“Alhamdulillah untuk  saat ini kami sudah berjalan sejak tahun 2019 banyak sekali masyarakat yang sudah bisa kami bantu terutama yang ada di kecamatan Sakra Barat. Kemarin salah satu warga yang kami usulkan rumah bedah bisa mendapatkan bantuan dan  masyarakat yang belum memiliki kartu BPJS sudah kami usulkan”Terang nya.

Masih kata Andi, LKS AL-Barokah  bergerak di 18 Desa, masing masing Desa punya penanggungjawab dan untuk hari ini hanya 4 Desa yang bisa diakomodir mengingat  di masa pandemi tidak boleh mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

“Kami memiliki binaan sekitar 300 orang.  25 % terdiri dari lansia yang sudah tidak produktif seperti inak Sumaini (60 tahun) yang diberikan kursi roda pada hari ini dan 75 %  masih produktif,” Imbuhnya.

Lebih jauh Andi menuturkan,Target  LKS AL-Barokah tahun 2021, mengingat saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi terhadap lansia yang menjadi binaan nya. LKS ini diharapkan tidak hanya menjadi tempat untuk mendapatkan sembako tapi bisa menjadi tempat mengasah potensi atau melatih para lansia yang masih produktif.

“Ini yang menjadi target kami nanti nya, semoga ada program dari pemerintah untuk membantu LKS  ini dan insyallah kami tetap akan memperjuangkan masyarakat-masyarakat yang memiliki kesenjangan sosial,” Tutupnya. (Cr-wenk)