oleh

Komitmen Tingkatkan Germas, Kwarcab Lotim Lantik Pengurus Saka Bakti Husada

banner 300500

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (SBH) adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. 

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id Dalam upaya meningkatkan pola gerakan hidup bersih dan sehat masyarakat (Germas). Gerakan pramuka kwarcab lombok Timur melantik pengurus satuan  kerja bhakti husada (SBH). Semua pengurus yang dilantik berasal dari jajaran struktural dinas kesehatan dan kepala Puskemas di Lombok Timur.

Acara Pelantikan ini berlangsung jum’at,11/12/2020 di Aula Kwarcab Lombok Timur yang dihadiri kepala dinas kesehatan, asisten III bupati , pengurus kwarcab dan jajaran kepala puskesmas yang ada di Lombok Timur. Dalam kegiatan tersebut dinas kesehatan kabupaten Lombok Timur dipilih sebagai ketua saka bhakti husada.

Ketua kwarcab Lombok Timur H.M.Zainuddin mengakui gerakan pramuka di Lombok Timur menjadi barometer keberhasilan pramuka di Nusa Tenggara Barat (NTB). Semua kesuksesan dan pengabdian yang ditunjukkan pramuka Lombok Timur diakui banyak kalangan.

“Hal inilah yang menjadi motivasi kwarcab Lombok Timur untuk memberikan kontribusi lebih kepada gerakan pramuka di bidang kesehatan,” Ujarnya.

Zainuddin Menambahkan dua tahun ke depan gerakan pramuka Lombok Timur adalah gerakan pramuka yang mandiri.Dirinya berharap saka bhakti husada yang dilantik bisa melakukan perencanaan dan evaluasi terhadap program yang dilakukan dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi masyarakat di bidang kesehatan.

Sementara itu kepala dinas kesehatan Lombok Timur H. Hasbi Santoso menyampaikan, saka bhakti husada merupakan wadah pengembangan minat dan bakat anggota pramuka di bidang kesehatan. Semua anggota saka bhakti husada diharapkan menjadi contoh perubahan di tengah masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat dan bersih dan menjadi pelopor kesehatan yang dimulai dari sendiri dan keluarga.

Masih kata Hasbi, dengan adanya SBH ini bisa saling memberikan penguatan dengan tujuan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dengan membentuk SBH yang lebih kuat, lebih baik secara kualitas maupun secara kuantitas.

“Tentu ini akan memberikan manfaat kepada kami di dinas kesehatan, kepada SBH dan masyarakat. Jadi menurut kami ini sangat penting sehingga kami mewajibkan seluruh pejabat struktural dan kepala puskesmas itu di acara ini dan ikut pelantikan menjadi pengurus,” Katanya.

Lebih jauh Hasbi mengajak untuk bersama-sama  jaga kesehatan. Sehingga seluruh upaya yang  dilakukan bisa bermanfaat. Kepada para kepala puskesmas, Dirinya meminta peran aktifnya dalam kegiatan Saka Bakti Husada. Karena dengan adanya Saka Bakti Husada ini dapat membantu kinerja nya dalam pemberdayaan kesehatan masyarakat. (cr-wenk).