oleh

HUT NTB ke-62, Gubernur Resmi Luncurkan NTB Mall Online dan Offline

banner 300500

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah berkesempatan meluncurkan NTB Mall online dan offline, pada Kamis 17 Desember 2020 bertempat di kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB.

MATARAM, Corongrakyat.co.id -Peluncuran NTB mall menjadi special karena bertepatan dengan perayaan HUT NTB ke 62. Sekaligus dihadiri juga oleh tamu-tamu special diantaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Kamil, Sekjen Kementerian Perdagangan Suhanto, Direktur Jenderal PDN Syailendra, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Oke Nurwan, beserta tamu undangan lainnya.

Dalam laporan yang disampaikan Drs. H. Fathurrahman, M.Si. Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, dijelaskan bahwa terdapat dua bagian NTB Mall yaitu NTB Mall offline store dan online.

“NTB mall offline sebagai tempat display, tempat untuk melihat bahwa produk-produk NTB itu ada, untuk tau kualitas dan merasakan bahwa produk UKM kita tidak kalah dengan produk pabrikan” jelasnya.

NTB mall offline store telah terisi oleh lebih dari 60 UKM, dengan lebih dari 300 varian produk premium terpilih. Akan diadakan rolling setiap dua-tiga bulan dengan produk dari UKM lainnya untuk pemerataan.

Selanjutnya yang kedua yaitu NTB Mall online malalui ntbmall.com yang merupakan marketplace e-commerce official produk-produk UKM NTB. Dihajatkan sebagai bentuk adaptif UKM NTB untuk mengikuti perkembangan teknologi guna bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan perluasan pangsa pasar online.

“Agar para UKM/IKM NTB dapat go-digital marketing serta memperluas pangsa pasar dan tentunya nantinya akan menjadi produk tujuan ekspor” harap nya.

Sementara itu dalam sambutannya Sekjen Kementerian Perdagangan menyampaikan bahwa Kemendag telah mengeluarkan peraturan tentang pengaturan perdagangan melalui sistem elektronik, yang intinya mengatur hak dan kewajiban para pelaku e-commerce.

“Harapan kami e-commerce ini betul-betul dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan produk-produk lokal khususnya produk UKM” jelas Sekjen Kemendag.

Sekjen Kemendag juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perdagangan, karena telah berinisiatif meluncurkan NTB mall sebagai wadah penjualan online bagi para UKM di NTB.

“Kami dari Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi program-program seperti ini, harapan kami adalah di provinsi-provinsi lain terus merebak adanya mall-mall online baik dikelola oleh dinas perdagangan maupun koperasi” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Sekjen Kemendag bersama Ketua Dekranasda NTB menyerahkan hadiah dari Kementerian Perdagangan kepada juara I dan 10 nasional lomba tudung saji nusantara 2020.

Dilanjutkan dengan melaksanakan Penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi NTB dengan PHRI, ASITA, HPI dan APRINDO tentang Pendayagunaan Produk UMKM dalam industri pariwisata di NTB, penandatangan dilaksanakan oleh Gubernur NTB dengan Para Pimpinan PHRI, ASITA, HPI dan APRINDO

Serta dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Dinas Perdagangan Provinsi NTB dengan PT. Karya Anak Bangsa GoJek Indonesia, tentang Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM dan Fasilitasi Pemasaran Produk Unggulan NTB. Penandatangan oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB dengan Pimpinan Gojek wilayah NTB disaksikan oleh Gubernur NTB.

Selain itu juga dilaksanakan penandatangan PKS antara Dinas Perdagangan Provinsi NTB dengan Universitas Hamzanwadi, tentang Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Aplikasi SIMPUL.

Sementara itu Gubernur NTB dalam sambutannya menyatakan bahwa kita semua hidup di jaman yang kompetitif, semua mensyaratkan bahwa produk yang dihasilkan harus lebih cepat, harus lebih murah dan harus lebih baik (faster, cheaper, better). Hal tersebut hanya mungkin tercapai dengan inovasi teknologi.

“Tanpa teknologi kita tidak akan mungkin kompetitif” jelas Gubernur NTB

UKM dan IKM dipercaya pasti mampu membuat produk, namun yang selalu menjadi momok bagi para pelaku UKM/IKM adalah pemasaran. Sehingga Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perdagangan menyediakan NTB Mall

“Dengan hadirnya Dinas Perdagangan yang inovatif, mudah-mudahan solusi menyelesaikan persolan UKM itu akan ada hasilnya” harap Gubernur NTB

Menutup sambutannya, Gubernur NTB mengutip pesan dari Gubernur Jawa Barat bahwa Kita tidak lagi bicara kompetisi tapi mulailah dari sekarang berbicara kolaborasi.

Acara dilanjutkan dengan pengguntingan Pita NTB Mall Offline Store oleh Ketua Dekranasda NTB dan Ketua Dekranasda Jawa Barat didampingi oleh Gubernur NTB dan Gubernur Jawa Barat, menandakan resmi dibukanya NTB Mall offline store.

Gubernur NTB, Gubernur Jawa Barat, Ketua Dekranasdan NTB, Ketua Dekranasda Jawa barat beserta para pejabat kementerian perdagangan dan Pemprov NTB meninjau produk-produk UKM NTB yang ditampilkan di NTB Mall offline store dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Gubernur Jawa Barat menyampaikan tanggapan nya tentang produk yang ada di NTB Mall, serta menyampaikan selamat kepada NTB Mall.

“Produknya bagus-bagus, dan saya ucapkan selamat untuk NTB Mall, sebagai tamu barang pilihannya luar biasa, tinggal promosi saja, semoga rekan-rekan media bisa bantu supaya UKM bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri” ungkapnya.(*)