oleh

Tanaman Jarak Kepyar Janjikan Masa Depan

banner 300500

Tanaman Jarak Kapyar merupakan tanaman penghasil bahan baku industri minyak. Minyak Kepyar memiliki sifat tahan panas, penggunaan minyak kepyar antara lain untuk industry cat, vernis, bahan pelapis, industry kosmetik, industry polimer berupa resing, plastic, kulit sintetis dan industry otomotif lainnya berupa bahan pelumas dan bahan minyak rem.

Yanaman Jarak Kepyar, tanaman yang sanagt menjanjikan untuk masa yang akan datang
Yanaman Jarak Kepyar, tanaman yang sanagt menjanjikan untuk masa yang akan datang

Dompu, CR- Tanaman jarak kepyar memiliki prospek yang sangat bagus dimasa depan, terkait dengan semakin menipisnya bahan energy yang tidak dapat diperbaharui. Kebutuhan bahan baku jarak kepyar dalam negeri untuk industry sangat dibutuhkan, karena tanaman ini sangat bagus bila ditanam di wilayah tropis, seperti daerah Dompu dan ini dibuktikan adanya beberapa daerah seperti Kecamatan Kilo, Kecamatan Pekat dan Kecamatan Hu’u.

“Bagusnya lagi tanaman ini bisa memakai sistem tumpang sari, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menanami tanaman berupa jagung, padi, kedelai atau kacang tanah. Kami selaku dari PT. Bio Indo co Fuu Mori Melium Grup siap membantu dalam pembibitan atau penyuluhan dalam tata cara menanami tanaman jarak kepyar ini,”ujar Drs. Kaharuddin Direktur PT. Bio Indo Co Fuu Mori Melium Grup saat di wawancarai oleh CR dikantornya, Sabtu (26/3/2016) lalu.

Melihat dari daerah Dompu yang statusnya banyak lahan kering, sehingga Dompu sangat cocok sekali dibudidayakan tanaman jarak kepyar.

”Tanaman kepyar juga ditakuti oleh ternak seperti kerbau, sapi, kambing dan hama berupa babi dan monyet, karena daunnya mengandung racun, sehingga binatang tidak mau memakannya. Mengenai penjualan biji jarak kepyar nanti akan ada pengusaha yang akan membeli hasil petani nantinya, tanaman jarak kepyar juga dibeli dengan harga sangat fantastic dengan harga Rp 3000 sampai Rp 4000 perkilo dan salah satunya dari PT. Bio Indo co Fuu Mori Melium Grup yang saat ini ada di Kabupaten Dompu,”terangnya.

Melihat potensi dari hasil tanaman jarak kepyar sangatlah bagus untuk ditanam di daerah Dompu, karena ini salah satu komoditas perkebunan rakyat yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi petani nantinya.

”Asalkan ada kemauan atau kemampuan dari petani dari aspek teknis budidaya yang baik dan benar jangan asal tanam, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menanam taman yang lainnya di sela-sela tanaman jarak kepyar itu,”jelasnya.(BC)