oleh

Syamsul Luthfi: Pancasila Harus Dijiwai Oleh Segenap Rakyat Indonesia

banner 300500

Pada masa pandemi Covid-19, Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) tetap melakukan sosialisasi 4 Pilar.

JAKARTA, Corongrakyat.co.id- Materi sosialisasi 4 pilar seperti Pancasila sebagai dasar Negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral serta pemersatu bangsa; Undang-undang Dasar Negara tahun 1945 sebagai landasan konstitusional; Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai consensus yang harus dijunjung tinggi; serta Bhineka Tunggal Ika sebagai semangat peersatu dalam kemajemukan bangsa.

Memaknai dan menjiwai pancasila secara tentu tidak bisa dilepaskan bagaimana kita harus mengetahui dan memahami Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan kebhinekaan yang ada di tengah masyarakat. Demikian menurut Anggota DPR RI /MPR RI, H. M. Syamsul Luthfi, Sabtu (20/06/2020).


Masih menurut Luthfi, menggali jati diri bangsa merupakan keharusan untuk mengetahui tujuan bernegara dan cara menggapainnya.


“Nilai-nilai pancasila berikut UUD 1945 berikut perjalan sejarah Indonesia mesti menjadi karakter penyelenggara serta seluruh rakyat,” terang politisi Partai NasDem itu.


Lebih jauh Luthfi mengatakan, falsafah dalam bernegara itu mesti menjadi pedoman supaya mudah dalam menggapai seluruh tujuan bernegara.


“Falsafah dalam bernegara, Pancasila harus dijiwai oleh segenap rakyat Indonesia dalam rangka untuk mensukseskan pembangunan nasional,” pungkas legislator asal NTB tersebut. (Red)

BERITA TERKAIT