oleh

Sukses! HKTI NTB Beri Sinyal Kredit Modal Bagi Petani Binaan Dilanjutkan

Bank NTB Syariah menganggap program pemberian bantuan kredit pembiayaan bagi petani bawang putih binaan DPD HKTI NTB di Sembalun Bumbung berjalan sukses, dari itu pihaknya siap jika kerjasama tersebut dilanjutkan. Dikonfirmasi atas hal itu, Sekretaris DPD HKTI NTB memberikan sinyal jika kerjasama kedua pihak untuk hal itu bakal dilanjutkan.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kerjasama antara DPD HKTI NTB dengan Bank NTB Syariah terkait pemberian bantuan kredit pembiayaan bagi petani bawang putih binaan DPD HKTI NTB di Sembalun Bumbung yang jumlahnya mencapai 700 orang dianggap berjalan baik oleh Kepala Bank NTB Syariah Cabang Selong.

Kepala Bank NTB Syariah Kantor Cabang Selong, L. Samsul Hadi disinggung terkait hal itu menyatakan jika kerjasama antara Bank NTB Syariah dengan DPD HKTI NTB berjalan baik, terbukti dengan realisasi bantuan kredit yang telah pihaknya salurkan melebihi target awal yang hanya 5 Milyar.

“Alhamdulilah semuanya lancar. Target kami awalnya 5 Milyar, tapi alhamdulilah terealisasi 7,5 Milyar untuk pembiayaan petani bawang putih di Sembalun Bumbung,” katanya di sela kunjungan kerjanya di Kantor Bupati Lotim, Senin (04/01/2020).

Pernyataan Samsul Hadi itu didasarkan atas data pihaknya, di mana kerjasama yang diteken Maret 2020 yang lalu hingga menjelang Maret 2021, tercatat para petani binaan selaku nasabah itu tidak terjadi kredit macet, malahan katanya sudah ada nasabah yang melakukan pengembalian kredit ke Bank NTB Syariah.

“Kita berikan kemarin bulan Maret (2020-Red) dan akan berakhir bulan Maret nanti. Alhamdulilah selama ini pengembaliannya lancar dan belum ada yang menunggak, ada juga yang sudah mengembalikan,” tuturnya.

Atas hal itu, Ia menegaskan pihaknya siap jika terjadi penambahan nasabah apabila program itu akan berlanjut. “Berdasarkan informasi dari H. Rumaksi selaku Ketua HKTI NTB program ini kemungkinan akan berlanjut di tahun 2021 ini. Saya yakin ada penambahan nasabah,” terangnya.

Sekretaris DPD HKTI NTB, Iwan Setiawan yang dihubungi di tempat terpisah guna ditanyakan terkait keberlangsungan kerjasama pihaknya dengan pihak perbankan untuk pemberian kredit bagi petani binaannya dijawabnya lugas.

“Akan berlanjut, awal tahun ini kami dari HKTI NTB akan melakukan evaluasi pelaksanaan untuk tahun 2020 terutama tentang dampak dari Pandemi Covid-19 ini bagi masyarakat Sembalun Bumbung, khususnya petani bawang putih binaan kita,” jawabnya.

Terkait penambahan petani binaan dirinya menegaskan hal itu sangat memungkinkan terjadi, karena di tahun 2021 direncanakan jika pihaknya akan melakukan perluasan lahan tanam hingga ke Kecamatan Suela.

“Kita masih concern di bawang putih dulu, Insya Allah 2021 kita akan perluas di desa-desa lain di Kecamatan Sembalun, selain Desa Sembalun Bumbung. Bahkan kita akan perluas ke Kecamatan Suela yaitu Desa Sapit dan Mekarsari karena letak geografisnya memungkinkan. Tapi tetap Desa Sembalun Bumbung adalah pilot project,” tegas sosok yang baru saja dianugerahi Special Achievement Lombok Timur oleh Times Indonesia itu. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT