oleh

Sekda Lotim Mengajak Mantan Narapidana Memiliki Kemandirian

banner 300500

Selain mengajak mantan narapidana untuk mandiri Pemernitah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur memberikan kesempatan kepada mantan tahanan menyusun proposal untuk penyaluran modal bantuan usaha.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id -Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik mengapresiasi koordinasi yang telah dibangun Balai Pemasyarakatan Mataram dengan Pemda Kabupaten Lombok Timur. Pada kesempatan tersebut Sekda mengajak mantan tahanan yang ada di daerah ini memiliki kemandirian pemerintah daerah memberikan kesempatan ketika kembali ke masyarakat. Ia menyampaikan Pemda memberi kesempatan kepada mantan tahanan menyusun proposal untuk penyaluran modal bantuan usaha. Mekanisme yang harus dilakukan adalah dengan membentuk kelompok usaha untuk meningkatkan produktifitas masing-masing. Disampaikannya pula bagi mantan tahanan yang tidak mampu dapat dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar mendapat bantuan Pemerintah Pusat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah pada kegiatan Bimbingan Kepribadian Kepada Mantan Narapidana yang berlangsung Rabu (29/07) di Aula Masjid Kantor Bupati. Pemda Lonbok Timur memfasilitasi pembinaan kemandirian bagi narapidana dari balai pemasyarakatan yang mendapatkan asimilasi. 45 orang asal Lombok Timur mengikuti program tersebut.

Sementara Kepala Bapas Mataram Sudirman mengapresiasi Pemda Lombok Timur yang bersedia memfasilitasi kegiatan pembinaan kemandirian terhadap mantan tahanan asal Lombok Timur. Sudirman menyebut dari 700 tahanan asal Lombok Timur yang sudah bebas dari hukuman sampai saat ini belum ada yang mengulangi pelanggaran di tengah masyarakat. Diharapkan kegiatan ini kegiatan ini mampu merubah pola pikir mereka ke arah yang lebih baik.

Para mantan tahanan ini juga mendapat pengarahan dan motivasi dari  TGH. Abdul Aziz. Ia mengingatkan tidak semua orang yang masuk penjara atau ditahan adalah orang jahat. Dicontohkannya para Nabi yang pernah merasakan menjadi tahanan.(cr-wenk).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *