oleh

Perangi Covid-19, Baznas Lotim Bentuk Tim Salurkan ZIS Sesuai Klaster

banner 300500

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Baznas Pusat Nomor 1 Tahun 2020 tentang penyaluran zakat, infaq, dan sodaqah untuk penanganan dampak Covid-19. Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten  Lombok Timur (Baznas Lotim) salurkan ZIS sesuai klaster penerima, Rabu (06/05/2020).

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id.- Saat ditemui wartawan, H. M. Nazri selaku Wakil Ketua Baznas Lotim menyampaikan, dalam penyaluran ZIS ini, Baznas Lotim telah membuat klaster penerima bantuan. Adapun bantuan tersebut diantaranya adalah klaster tenaga pendidikan dan dakwah, mencakup guru honor, guru ngaji, marbot, kemudian klaster UKM, mencakup pedagang kecil, pedagang keliling, klaster grup informal, mencakup yayasan, kelompok sosial, dan klaster buruh informal seperti tukang parkir, ojek, serta klaster korban PHK.

Bantuan yang akan di salurkan tersebut lanjut Nazri, berupa paket sembako dan uang tunai. Bukan berarti satu penerima mendapat bantuan ganda (sembako dan uang), akan tetapi yang dimaksud adalah melihat realita langsung di lapangan apakah penerima mendapatkan sembako atau uang tunai.

Lebih jauh Nazri mengatakan, penetapan calon penerima bantuan yang tidak semata-mata berdasarkan data saja, namun juga berdasarkan realita penerima.

”Baznas Lotim sudah membentuk tim dan membagi kawasan penyaluran langsung di lapangan. Sehingga besaran bantuan yang diberikan kepada penerima berpariasi sesuai kondisi real masyarakat yang bersangkutan berdasarkan azas berkeadilan,” ungkap Nazri.

Nazri sendiri mengaku mendapat kawasan penyaluran di Kecamataan Jerowaru, Kecamatan Sakra Barat, dan Kecamatan Selong. (Cr- Supriadi/Ucup)

BERITA TERKAIT