oleh

Pemda Lotim Teken MoU Saat Tasyakuran Peringatan HUT Lotim

banner 300500

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) laksanakan tasyakuran peringati Dirgahayu RI ke 75 dan hari jadi Lotim yang 125. Tasyakuran ini dirangkai dengan penandatanganan MoU antara Pemda Lotim dengan dua pihak terkait guna tingkatkan kualitas SDM Lotim.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Tasyakuran ini dihadiri oleh Bupati Lotim, Drs. H. Sukiman, M.M dan Wakil Bupati Lotim, H. Rumaksi SJ, S.H beserta seluruh kepala SKPD dan badan setingkat, di samping itu juga dihadiri pula oleh beberapa perwakilan dari Perguruan Tinggi dan pihak swasta.

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan jika peringatan ke 125 berawal dari penyebutan Lotim, bukan dari hari lahir kabupaten, dari itu untuk menentukan terkait hari lahir Kabupaten Lotim akan dibahas lebih lanjut dengan mengusulkan draf Raperda ke DPRD Lotim untuk ditetapkan.

“Peringatan HUT 125 ini lahir dari penyebutan pertama kali Lombok Timur, bukan kabupaten Lombok Timur. Untuk menghindari pembahasan tentang itu, kami akan melayangkan draf Raperda ke DPRD, maka dari itu saya memohon kepada Ketua (Ketua DPRD Lotim) untuk menyerap informasi, agar nanti dikaji dan ditetapkan menjadi hari ulang tahun Lombok Timur di Perda,” kata Sukiman

Pada tasyakuran ini juga dirangkai dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Lotim dengan Unram, guna meningkatkan kapasitas SDM Lotim, utamanya di bidang kedokteran.

“Kami dengan pihak rektorat Unram telah meneken MoU dalam meningkatkan SDM Lombok Timur. Kedepan kita akan memfasilitasi tamatan SMA/MA yang lolos seleksi, membantu putra putri yang diterima di fakultas kedokteran untuk diberikan beasiswa sesuai dengan kemampuan APBD,” ulas Sukiman.

MoU kedua dilakukan dengan salah satu lembaga yang bergerak sebagai pemerhati dan penggerak penaggulangan sampah di NTB, selain itu, Bupati juga berjanji akan membangun TPA di dua tempat, untuk membantu TPA yang ada di Ijo Balit. Dua TPA yang akan dibangun terang Bupati akan dilengkapi juga dengan alat pengolahan sampah untuk pupuk organik.

“Kedepan Pemda akan membangun TPA di pertengahan Keruak dan Jerowaru dan di Pringgabaya. Dengan adanya dua TPA ini, maka TPA kita di Ijo Balit tidak over kapasitas, maka produksi DLHK dalam memproduksi pupuk organik dapat bertambah, sehingga PAD juga bertambah dari itu,” ungkapnya.

Di kesempatan itu juga, Bupati memberikan apresiasi atas naiknya tipe RSUD dr. R. Soedjono Selong, ia juga berharap jika RSUD lainnya berakselerasi mengikuti RSUD Selong.

Diakhir sambutannya, Bupati berpesan kepada semua masyarakat Lotim untuk selalu siaga menghadapi Covid-19, dan bekerjasama menghadapinya.

“Saya berpesan kepada kita semua, mari kita bekerjasama, selalu siaga dengan Covid-19, dan mari kita tangguh maju bersama,” tutupnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT