oleh

Hindari Pemangkasan, Bina Marga Percepat Proses Lelang Pekerjaan Jalan

Bidang Bina Marga siap mengajukan lelang untuk 9 paket pekerjaan ruas jalan yang bersumber dari DAK. Hal itu dilakukan cepat untuk mengantisipasi adanya pemangkasan anggaran, diketahui akan dibangun ruas jalan sepanjang 20,78 km yang akan menelan anggaran 47,542 milyar.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dinas Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lombok Timur (Lotim) sampai saat ini merupakan OPD pertama yang telah mengajukan lelang Program yang pendanaanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda Lotim.

Satu di antara bidang di Dinas PUPR Lotim yang siap mengajukan lelang itu adalah Bidang Bina Marga, di mana terdapat 9 paket pekerjaan yang akan segera diajukan pelelangannya ke ULP hal itu disampaikan Kepala Bidang Bina Marga Kurnia Darmawan.

Langkah cepat yang dilakukan oleh pihaknya itu tegasnya adalah upaya antisipasi jika sewaktu-waktu pemerintah pusat akan melakukan pemangkasan DAK, karena dijelaskan menilik tahun anggaran 2021 pemangkasan dilakukan pada proyek pekerjaan yang masih belum berkontrak.

Kita lakukan dini terkait dengan pengalaman kita kemarin. Pasti ada kriteria, seperti tahun lalu yang terkena refocusing adalah kegiatan yang belum berkontrak atau kegiatan yang tidak dianggap urgent seperti perjalanan dinas itu yang terkena titik pangkas. Dari itu kami ingin bekerja cepat,” katanya, Kamis (21/01/2021)

Darmawan mengatakan panjang ruas jalan yang akan dibangun pada tahun ini yang bersumber dari DAK sepanjang 20,78 km, yang terbagi di beberapa lokasi di Lotim

“Jadi yang sembilan ruas itu Pekosong-Batu Basong panjang penaganannya 2,8 km,
kemudian Tangun- Sukaraja-Pejaik panjangnya 1,8 KM, lalu ruas Aikmel-Aik Lomaq, sepanjang 2 km, kemudian Sakra-Gelanggang-Menceh, 1,92 km,” paparnya.

Sambungnya, kemudian ruas jalan yang akan dibangun dengan anggaran yang bersumber dari DAK antaranya “ruas jalan Serumbung-Paremas panjang ruasnya 1,35 km, kemudian ruas Suntalangu-Lekong Kulup 2,25 km kemudian ruas ketujuh Pengoros-Ujung Ketangge, 3 km penanganannya lalu ruas Rarang-Bendung Lauk 3,15 km dan terakhir itu Bagek Cendol-Pantai Surga-Sukun penanganannya 2,51 km,” imbuhnya.

Adapun lanjut Wawan sapaan akrab pria ini, setiap ruas jalan yang akan dibangun akan menelan pembiayaan yang variatif tergantung dari panjang ruas jalan tersebut, sehingga total biaya secara akumulatif berjumlah 47,542 milyar.

“Untuk ruas Pekosong-Batu Basong anggarannya 6,2 Milyar, ruas jalan Tangun- Sukaraja-Pejaik 3,85 milyar, Aikmel-Aik Lomaq, 5,262 milyar Sakra-Gelanggang-Menceh pagu anggaranya 4,13 milyar Serumbung-Paremas 3,6 milyar Suntalangu-Lekong Kulup 4,9 milyar,” jelasnya.

“Untuk ruas jalan Pengoros-Ujung Ketangge 6,7 milyar Rarang-Bendung Lauk 6,3 milyar Bagek Cendol-Pantai Surga-Sukun 6,6 milyar,” tutupnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT