oleh

FWMO Laksanakan Pelatihan, Pemda Harap Wartawan Semakin Profesional

banner 300500

Unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Lombok Timur (Lotim) hadir dalam acara pembukaan
pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan oleh Forum Wartawan Media Online (FWMO) Lotim. Adapun kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme wartawan online di Lotim

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kegiatan pelatihan yang mengambil fokus “Teknik Menulis Berita dan Investigasi” ini dilaksanakan selama dua hari, di salah satu hotel yang berlokasi di Desa Tetebatu Selatan.

Pelatihan ini diikuti oleh 31 peserta, yang merupakan wartawan media online di Lotim. Adapun dalam kegiatan yang diselenggarakan FWMO ini diisi oleh pemateri dari wartawan LKBN Antara dan wartawan kontributor TEMPO Mataram.

Membuka kegiatan ini, Sekda Lotim, H.M. Juani Taofik memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, sebab menurutnya menyangkut kepedulian FWMO terhadap wartawan, khususnya di Lotim. Bahkan dengan kegiatan ini, Ia berharap wartawan di Lotim semakin profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Output yang kita harapkan nanti, mudahan kualitas penulisan dan ilmu investigasi dari wartawan di Lombok Timur semakin baik. Termasuk meminimalisir berita hoax,” kata Taofik, Sabtu (29/08/2020).

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh wartawan yang telah menyampaikan berita kepada masyarakat. Sebab wartawan memiliki peran sangat penting mengawali perjalanan pemerintah.

Dirinya menambahkan, selama ini hubungan wartawan dengan Pemda dinamis, karena posisi media dari zaman reformasi sampai sekarang hadir sebagai kekuatan pilar demokrasi. Pemda juga hingga kini terus menjaga hubungan egaliter dengan wartawan.

“Karena hubungan seperti ini bisa memperbaiki semuanya. Wartawan tidak terikat dan bisa menyampaikan berita berimbang kepada masyarakat,” kada dia.

Ketua Panitia, Syamsurrijal dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan yang digelar selama dua hari ini dihajatkan agar wartawan semakin profesional dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Sesuai kode etik jurnalistik.

Wartawan tidak boleh merasa puas dengan ilmu yang dimiliki. Untuk itu, pelatihan yang mengusung tema “Teknik Menulis Berita dan Investigasi” ini diselenggarakan untuk meng-upgrade wawasan wartawan, khususunya media online.

“Tujuan lain juga untuk menambah wawasan wartawan media online dalam teknik penulisan dan investigasi,” katanya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT