oleh

Enam Komunitas Sebar Daging Kurban di Pemukiman Padat Penduduk

Banyak cara untuk bisa berbagi ditengah Pandemi Covid-19. Pada momentum Iedul Adha 1440 H. kali ini enam komunitas berbeda, yakni dari Karang Taruna, anak motor, serta paguyuban kesenian berkolaborasi untuk berbagi paket daging saat hari kurban.

MATARAM, Corongrakyat.co.id – Kali ini dua kampung dengan pemukiman padat penduduk jadi target pembagian hewan kurban.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program bertajuk Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Ada lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas besar ini. Komunitas itu salah satunya Bold Riders yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali terjadi ini.

Koordinator acara Lalu Heru Iswandi mengatakan, ada enam komunitas yang tergabung dalam kegiatan sosial di Mataram ini. Komunitas itu adalah Karta Tunas Bakti Desa Kembang Are Sampai, Karta Bangkit Bersama Desa Borok Toyang, kemudian Karta Komunitas Praja, serta Kelompok Sadar Wisata Tanjoh.

Sementara, ada juga anak-anak motor yang tergabung dalam Bold Riders, seperti Bold Riders Mataram dan Super Matic Adventure. “Ada sejumlah kambing yang akan kami bagikan saat Hari Kurban nanti dari komunitas ini,” terangnya, Selasa (28/7).

Beberapa titik yang akan dibagikan ini seperti di masjid atau musala dengan pemukiman padat. Kemudian, pondok pesantren atau tempat Pendidikan Quran (TPQ). Ada juga yang disalurkan kepada petugas kebersihan pinggir jalan.

“Kami juga akan bagikan ke daerah pesisir yang sangat padat, seperti di Kampung Koko dan Kampung Bangsal,” jelasnya. Dua kampung ini kata dia cukup padat dan berada di wilayah pesisir.

Asal kambing ini kata dia hasil patungan dari berbagai komunitas tersebut. Setelah terkumpul, mereka kemudian membelikan hewan kurban untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Saat pembagian nanti, anggota komunitas juga akan menerapkan protokol pencegahan COVID-19, seperti memakai masker dan tetap menjaga jarak interaksi. (cr-01)