oleh

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Loteng Tanam Jagung Diatas lahan Demplot

banner 300500

Kodim 1620/Loteng tetap eksis ditengah pandemic Covid-19 terutama dibidang pertanian. Hari ini, Koramil 1620-03/Kopang menggelar panen jagung jenis Bima 29 di atas lahan demonstrasi plot (Demplot) milik H. Fuad Desa Bebuak Kecamatan Kopang Lombok Tengah, Minggu (30/08/2020).

LOMBOK TENGAH, Corongrakyat.co.id- Panen jagung di atas lahan seluas 1 hektar dipimpin Danramil 1620-03/Kopang Kapten Inf Ali Murtopo Bersama Camat Kopang Lalu Sarkin Junaidi Bersama masyarakat setempat.

“Hari ini waktu yang kita tunggu-tunggu setelah menanamnya sekitar 3 bulan lalu, Alhamdulillah hasilnya ada peningkatan dari penanaman tahun sebelumnya,” ungkap Ali Murtopo.

Menurutnya, Demplot merupakan salah satu metode penyuluhan pertanian dengan cara membuat lahan percontohan dengan maksud agar petani bisa melihat dan membuktikan objek yang didemonstrasikan mulai dari pemilihan bibit, penyemaian, penanaman, pemupukan hingga panen yang disesuaikan dengan demografi wilayah yang digunakan.

Terpisah Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto memberikan apresiasi kepada Koramil jajarannya yang telah berupaya untuk melakukan pembinaan teritorial melalui pertanian. “Ini luar biasa, karena dari laporan Danramil ada peningkatan hasil produksi dari tahun sebelumnya,” ujar Prastiwanto.

Hal itu menurut Pras sapaan akrabnya, bisa dijadikan sebagai contoh bagi para petani dalam meningkatkan hasil produksi jagung sehingga dapat membantu ketahanan pangan di wilayah NTB khususnya Kabupaten Lombok Tengah.

“Mari terus kita berinovasi teknologi baru sesuai anjuran sehingga adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para petani dalam membudidayakan dan produktifitas hasil pertanian,” tutup Alumnus Akmil 2001 tersebut. (*)

BERITA TERKAIT