oleh

Dispora Lotim Salurkan Bantuan, Wirausahawan Muda Diharap Produktif dan Mampu Bersaing

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lotim telah salurkan bantuan peralatan usaha bagi 52 wirausahawan pemuda kategori pemula di seluruh Lombok Timur (Lotim). Atas bantuan itu pihak Dispora Lotim berharap para wirausahawan muda itu dapat semakin produktif dan mampu bersaing di dunia usaha.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Bidang (Kabid) Pemuda Dispora Lotim, Saiful Wathan menyatakan sebagai bentuk perhatian pihaknya kepada pemuda Lotim, bidangnya telah menyalurkan bantuan berupa peralatan usaha kepada 52 kelompok wirausahawan muda kategori pemula di seluruh kecamatan yang ada.

“Kami berikan mereka dalam bentuk peralatan pada tiga bidang usaha yakni perbengkelan 22 kelompok, kuliner 15 kelompok dan permebelan 15 kelompok,” katanya Jum’at (4/12/2020).

Sambung Saiful, bantuan yang telah disalurkan diharapkan dapat mendukung produktifitas usaha pemuda sehingga dapat menunjang kesejahteraan, karena terangnya bantuan yang telah disalurkan bersifat stimulus, pun dengan nilai bantuan relatif kecil, namun terangnya akan berdampak positif bagi kemandirian pemuda.

Terkait kriteria pemuda yang diberikan pihaknya, tegasnya telah sesuai aturan yang ada, yaitu seseorang dengan interval usia 16 hingga 30 tahun, dan tentunya dengan syarat memiliki usaha yang jelas.

“Sebelum realisasi, kita kita terlebih dahulu turun lakukan survey dan verifikasi, sesuai dengan undang-undang pemuda itukan usianya 16 sampai dengan usia 30 tahun. Dari hasil verifikasi hanya 52 yang laik dan menjadi prioritas mendapat bantuan dari 300 pendaftar, dengan acuan mereka ada usaha yang jelas,” paparnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa, pihaknya hanya bisa merealisasikan bantuan kepada 52 kelompok pemuda dari 300 kelompok pemuda yang mendaftar dengan alasan anggaran yang terbatas.

“Anggarannya hanya 200 juta dari APBD Lombok Timur. Sementara yang mengajukan lebih dari 300-an Kelompok yang tersebar disemua kecamatan,”sebutnya. 

Oleh karena itu, Saiful berharap dengan bantuan yang telah disalurkan, para pemuda di Lotim dapat semakin kreatif, produktif dan semakin terampil serta dapat meningkat kualitas layanan dan dapat bersaing pada dunia usaha saat ini

“Terpenting para pemuda harus terus berkarya dan berprestasi. Sebab tanpa bantuanpun mereka sudah bisa apalagi setelah dibantu. Tentunya kita berharap para pemuda kita yang menjadi wirausahawan pemula ini dapat bersaing dengan jenis usaha yang sama,” harapnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT