oleh

Dikbud Salurkan DAK Tahap I, untuk Rehab Gedung SMP di LOTIM

banner 300500

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) membuka acara penandatanganan pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk rehabilitasi bangunan SMP di Lombok Timur (Lotim).

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Penandatanganan pencairan DAK tahap 1 untuk tingkat SMP dilakukan oleh Dikbud Lotim. Acara penandatanganan dilakukan di Aula Handayani, yang langsung dibuka oleh Kadis Dikbud, Ahmad Dewanto Hadi, S.T.,M.T .

Dalam kegiatan itu dihadiri oleh masing-masing kepala sekolah dan perwakilan dari 61 SMP, negeri dan swasta.

“Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari enam puluh satu SMP negeri dan swasta Se-Lombok Timur,” kata Dewanto, Senin (27/07/2020).

Dirinya menambahkan, pencairan DAK tahap pertama ini dialokasikan untuk rehab ringan, sedang dan berat di SMP negeri dan swasta di Lombok Timur, dan tidak ada perbedaan antara SMP negeri dan swasta

“Dana DAK tahap pertama ini berdasarkan usulan sekolah yang kemudian disepakati oleh kementrian yang jumlahnya enam puluh satu sekolah, baik negeri dan swasta tidak ada perbedaan,” tuturnya.

Dewanto juga menjelaskan jumlah anggaran DAK untuk rehabilitasi bangunan SMP di Lombok Timur tersebut berjumlah Rp. 26 M, yang akan diterima oleh masing-masing SMP dalam tiga gelombang.

“Untuk penerimaan anggaran DAK ini bervariasi berdasarkan usulan sekolah, untuk gelombang pertama masing-masing akan menerima 25 persen,” ungkapnya.

Ditemui di tempat yang sama, apakah terdapat perbedaan penerimaan DAK antara SMP negeri dan Swasta, Rasyid Ridho selaku Kepala SMP Islam Bilakembar Suela, membernarkan hal pernyataan Dewanto.

“Memang benar apa yang dikatakan pak kadis, kami baik dari SMP negeri dan swasta mendapatkan anggaran yang sama. Seperti contoh kami mengusulkan untuk ruang laboratorium, angka anggarannya dama dengan sekolah negeri,” tutupnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT