oleh

Dikbud Lotim Akan Segera Lakukan Singkronisasi untuk Perubahan Nomenklatur Sekolah

banner 300500

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur (Lotim) terus upayakan perubahan nomenklatur beberapa sekolah, agar sesuai dengan alamat desa, yang sebelumnya beberapa desa di Lotim mengalami pemekaran.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kadis Dikbud Lotim, Ahmad Dewanto Hadi mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan upaya perubahan nomenklatur, pun Ia juga mengakui terdapat beberapa kendala, termasuk di internalnya yang harus segera disingkronisasi

“Ternyata hambatannya bukan hanya administratif di internal kita, karena itu terkait dengan daftar pokok pendidikan, nomenklatur SD itu kan juga harus dirubah,” kata Dewanto, Senin (04/08/2020).

Dewanto melanjutkan, pihaknya belum bisa melakukan perubahan nomenklatur tanpa pertimbangan, karena akan berdampak terhadap alur administrasi di lingkup Dikbud Lotim.

“Nanti apabila pertanyaannya, kenapa nomenklatur sekolah ini yang mendapatkan DAK tidak sesuai dengan nomenklatur sekolah yang dulu. Kita berikan, ini lo SK perubahannya, nomenklatur lama misal SD 2, ini yang baru SD 4, tidak bermasalah karena SK kita jelas,” ulasnya.

Hal itu harus dilakukan oleh pihaknya, untuk menghindari implikasi negatif di tingkat sekolah, “takutnya nanti apabila dirubah tanpa proses itu, akan rancu nanti terkait data guru dan siswa,” ucapnya.

Terkait dengan upaya tindak lanjut terkait perubahan nomenklatur sekolah tersebut, Dewanto mengaku segera akan melakukan konfirmasi kepada Kemendikbud untuk melakukan perubahan Dapodik.

“Hari ini janjinya, kementerian yang isi Dapodik, mereka akan menginformasikan ke kita, kalau itu sudah clear saya berani untuk eksekusi plang nama, kalau bisa kita rubah hari ini, dengan tingkat kepastian bahwa sistem ini tidak terpengaruh,” pungkasnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT