oleh

Di Lotim, 254 Desa akan Terkoneksi Internet melalui Program Desa Pintar

banner 300500

Dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) Lombok Timur memabngun 28 tower untuk penyaluran internet bersekala yang akan terkoneksi ke 254 Desa.

LOMBOK TIMUR,Corongrakyat.co.id -Berdasarkan keterangan kepala dinas kominfo Lombok Timur Ahmad Masfu menjelaskan progres pembangunan 28 tower untuk penyaluran internet berskala kabupaten sudah signifikan.

Masfu menerangkan hingga  saat ini, pihaknya sudah mendirikan 27 tower dari 28 tower yang ditargetkan dan hanya menyisakan wilayah pusuk sebagai wilayah terakhir pendirian tower tersebut.  Dirinya mengakui pembangunan tower di pusuk terkendala izin dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) karena wilayah pusuk salah satu kawasan yang diawasi BTNGR.

Masih kata Masfu, dinas kominfo merekrut 50 orang teknisi untuk memasang perlengkapan tambahan internet yang akan terkoneksi di 254 Desa di Lombok Timur.,”Terhadap 50 teknisi tersebut sebelumnya sudah melakukan pelatihan dan sudah diterjunkan ke masing-masing Desa untuk memasang perangkat tambahan internet,” Ujar Masfu. 24/09.

Tower triangle yang dibangun di bukit kayangan labuan lombok

Lebih jauh pihaknya berharap pemasangan perangkat tambahan yang dilakukan oleh teknisi tersebut bisa selesai dalam dalam waktu dekat dan direncanakan uji coba pemakaian internet dilakukan pada awal oktober 2020 nanti. sehingga akhir oktober dinas kominfo akan meluncurkan voucher internet berskala kabupaten pada program Desa pintar.

“Dinas kominfo Lombok Timur akan mengupayakan realisasi program Desa pintar terlaksana pada tahun 2020  sehingga semua wilayah di Lombok Timur tidak terkendala lagi dengan jaringan internet karena kecepatan jaringan internet yang ditawarkan oleh program tersebut cukup baik,” Imbuhnya. (cr-wenk).