oleh

Dandim 1620/Loteng : Personel BKD Harus Memiliki Sikap, Mental dan Fisik Yang Prima

Badan Keamanan Desa (KBD) sebagai salah satu komponen pengamanan di tingkat desa yang harus memiliki mental dan fiik yang prima. Demikian dikatakan Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto, SE., M.I.Pol., disela-sela kesibukannya di Makodim, Kamis (18/06/2020).

LOMBOK TENGAH, Corongrakyat.co.id- Dijelaskannya, BKD memiliki tugas pembinaan ketentraman dan ketertiban sebagai mana yang diatur dalam Pasal 8 Peraturan Bupati Lombok Tengah Nomor 20.A Tahun 2016 tentang Pedoman Pembentukan Badan Keamanan Desa/Kelurahan yang meliputi pertama, pembinaan ketentraman, ketertiban dan upaya perlindungan masyarakat. Kedua, kegiatan sosial kemasyarakatan. Ketiga, Penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan. Keempat, penanggulangan bencana, dan kelima, upaya pertahanan Negara.

Kaitan dengan itu, lanjut pria kelahiran Bangkalan Madura tersebut, BDK harus memiliki sikap dan mental yang mantap serta fisik yang prima sebagai pembina ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Untuk itu, pihaknya bersama Polres Loteng memberikan pembinaan mental dan fisik dengan harapan terciptanya BKD yang tangguh dan tanggap yang siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas di lapangan khususnya dalam menjaga kondusifitas wilayah di desa.

Adapun materi yang diberikan selama latihan sejak kemarin (Rabu, red) di Kantor Desa Praimeke Kecamatan Praya Tengah yakni tehnik pengamanan, Peraturan baris-berbaris untuk menerapkan kekompakan dan kedisiplinan para BKD dalam melaksanakan tugas kedepan.

“Mari kita jaga keamanan dan ketertiban di wilayah mulai dari dusun/lingkungan, desa/kelurahan hingga lingkungan yang lebih luas dengan tetap bersinergi bersama TNI Polri maupun instansi lainnya sehingga terwujudnya desa, kecamatan dan kabupaten yang aman, tentram dan damai,” tutup Prastiwanto.

Selama pelaksanaan pelatihan mental dan fisik BKD, dihadiri Danramil 1620-01/Praya Kapten Chb Heri Susanto, Kapolsek Praya Tengah Ipda Geger Suranggana, Kades Praimeke dan para pelatih dari Babinsa dan Babinkamtibmas dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 untuk menjaga agar tidak terjadi penyebaran dan penularan virus corona yang dapat memunculkan kluster baru. (Red)

BERITA TERKAIT