oleh

Damri dan Dishub Lotim Tentukan Trayek Dukung Akses Masyarakat ke KSPN Mandalika

Perusahaan Umum (Perum) Djawatan Angkutan Motor Indonesia (Damri) berkerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Lombok Timur (Lotim) sudah mulai mengoperasikan armada untuk mendukung aksesibilitas transportasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika. Khususnya dari wilayah Lotim ke KSPN Mandalika.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Manajer Operasional Perum Damri NTB, Tukul Erwanto menyatakan pos pemberangkatan dan rencana pembangunan shelter jalur angkutan perintis sudah dijajaki mulai dari pos pemberangkatan di terminal tipe C yang berada di Labuhan Lombok hingga tujuan akhir di halte ITDC Mandalika Lombok Tengah.

Selain itu, halte terminal pendukung atau feeder juga sudah ditentukan diantaranya, simpang empat Pringgabaya, Kantor Desa Pohgading, Kantor Desa Korleko, Kantor Desa Geres, halte Kantor Lurah Tanjung, Terminal penumpang tipe C Labuhan Haji, Terminal Keruak, halte Pasar Jor dan halte Pelabuhan perikanan Awang Lombok Tengah.

Adapun untuk saat ini, setelah dilakukan uji coba sejak 15/10 silam, armada yang dioperasikan oleh Damri untuk melayani masyarakat berjumlah 2 unit, yang akan beroperasi dari pukul 08:00-10:00 Wita. Armada tersebut jelas Tukul nantinya akan ditambah menjelang pagelaran MotoGP.

Sudah dilakukan ujicoba sejak 15 Oktober kemarin. Kita siapkan 2 unit armada, untuk jam operasionalnya dari jam 8 sampai jam 10 pagi. Akan dioperasikan dua armada untuk sementara. Tapi tidak menutup kemungkinan jika akan dilakukan penambahan menjelang MotoGP,” katanya (19/10/2020).

Sambung Tukul, Damri telah ditunjuk oleh pemerintah untuk menjamin prasarana angkutan umum di area KSPN. Bahkan akan menjadi satu-satunya media penyedia angkutan, untuk mengantisipasi kemacetan di saat pagelaran MotoGP mendatang.

“Damri ditunjuk untuk mengisi trayek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Kami mengisi di dua trayek yakni KSPN Rinjani dan KSPN Mandalika, nantinya kami akan menjadi satu-satunya penyedia angkutan, karena nanti tidak sembarangan, untuk mengantisipasi gangguan kemacetan dan keamanan di kawasan KSPN Mandalika,” imbuhnya.

Diharapkannya, dengan dibukanya trayek oleh Damri dan Dishub Lotim ini, dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebab nantinya dipastikan akan banyak wisatawan yang akan menggunakan moda transportasi yang disediakan Damri.

“Kami berharap pariwisata terangkat dan ekonomi masyarakat juga, dengan keberadaan Damri untuk mengisi trayek kawasan pariwisata ini,” ujarnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT