oleh

Cerita Menarik Babinsa Pulau Terdepan Koramil Keruak Lotim

banner 300500

Ada hal menarik dibalik pandemi corona virus desease (Covid-19) bagi seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pulau Maringkik Koramil 1615-04/Keruak Kabupaten Lombok Timur Serma M. Taufik. Bagaimana tidak, Desa Pulau Maringkik berlokasi di ujung timur Kabupatan Lombok Timur dan terpisah dari daratan memiliki kesan tersendiri bagi Babinsa.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id – Diceritakannya, setiap kali berkunjung ke desa binaan, M. Taufik harus naik perahu boat bersama Babinkamtibmas maupun masyarakat yang akan berkunjung untuk melihat view Desa Pulau Maringkik yang berbentuk seperti gili. Untuk ke Pulau Maringkik memakan waktu sekitar 30 menit dari daratan Pulau Lombok.

“Untuk ke Desa Pulau Maringkik bisa melalui Pelabuhan kecil Tanjung Luar Kecamatan Keruak dan Pelabuhan Telong Elong Kecamatan Jerowaru,” terang M. Taufik.

Namun untuk kembali ke daratan, kata M. Taufik, harus menunggu perahu yang akan kembali karena sebagian perahu boat carteran penumpang atau Restoran Terapung yang ada di Desa Maringkik.

“Jika tidak ada, maka kami harus menginap di desa atau di rumah Kepala Desa,” ujarnya santai.

Pada pandemi Covid-19, lanjutnya, ia bersama Babinkamtibmas selalu bahu membahu bersama Kepala Desa maupun pendamping desa memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mentaati dan melaksanakan imbauan pemerintah.

“Alhamdulillah masyarakat mau mendengar dan melaksanakan apa yang kami sampaikan,” ungkapnya.

Terkait dengan bantuan langsung tunai (BLT), Babinsa Pulau Maringkik bersama Babinkamtibmas dan pendamping desa kemarin berkunjung ke desa untuk membantu Kepala Desa membagikannya kepada 234 KK dalam bentuk uang sebesar Rp 600.000,-.

“Ini dibagikan secara terpusat di Kantor desa dengan memperhatikan protokol kesehatan, namun jika sudah uzur atau lanjut usia, maka kami mengantarkannya langsung kerumahnya,” jelas M. Taufik.

Terpisah, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., memberikan apresiasi kepada Babinsa jajarannya yang bekerja dengan berani, tulus dan ikhlas untuk kepentingan masyarakat, Minggu (17/05/2020).

Ia menegaskan, dimanapun bertugas, teruslah berkarya dan berbuat terbaik untuk masyarakat terutama di desa-desa pelosok yang jauh dari keramaian. “Bangun sinergitas, hubungan harmonis dan kekeluargaan dengan harapan semua program pemerintah dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” pesan pria kelahiran Magelang tersebut.

Selain itu, Dandim juga mengingatkan para Danramil jajarannya untuk terus memantau dan membantu pendsitribusian bantuan sosial sehingga tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan.

“Jika ada penyimpangan agar dilaporkan pada kesempatan pertama sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan,” tutupnya. (Red)

BERITA TERKAIT