oleh

Butuh Pembinaan, STIT NU Al-Mahsuni Gandeng DPK Lotim

banner 300500

Pada tanggal 7 September 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lombok Timur kunjungi STIT NU Al-Mahsuni yang beralamat di Desa Danger Kecamatan Masbagik, untuk membantu pengembangan perpustakaan di sekolah tinggi tersebut.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Tim terdiri dari Kasi Pembinaan Perpustakaan, Baiq Hasnah, PustakawanMuhamad Irawan, A.Md dan Andrea Ardi Ananda, S.Hum serta Staf Bidang Pembinaan dan Pengembangan DPK Lotim.

Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan pembinaan penyelenggaraan perpustakaan. Tim Pembinaan memberikan pendampingan teknis terkait penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan khususnya di perguruan tinggi.

Regulasi yang dijadikan pedoman yaitu Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Tim DPK Lotim disambut Sunandar Azma’ul selaku Kaprodi di STIT Al-Mahsuni, beliau menyambut baik kedatangan tim, mengingat perpustakaan STIT NU AL-Mahsuni masih bisa dikatakan terbilang baru terbentuk.

Meski Kampus STIT NU Al-Mahsuni sudah berdiri sejak 2016 namun secara fisik dan koleksi baru 2020 inilah betul-betul dimulai pembenahan secara menyeluruh termasuk perpustakaan, apalagi sebentar lagi akan diadakan visitasi Tim Penilai akreditasi. Belum lama ini STIT NU Al-Mahsuni juga telah mendapat bantuan stimulant buku sejumlah 600 eksemplar dari Perpustakaan Nasional RI dengan berbagai judul bidang keilmuan.

Harapannya dapat mendukung kegiatan pembelajaran di kampus. Sedangkan Kepala Perpustakaan STIT NU Al-Mahsuni, Ahmad Zahrawani, SH mengatakan sedang bersemangat untuk mengelola perpustakaan meski baru ditunjuk menjadi pengelola perpustakaan.

Menurutnya perpustakaan bukan lah gudang buku namun pusat informasi dan pengetahuan yang bersumber dari buku tercetak maupun noncetak atau digital. Apalagi keberadaan perpustakaan sangatlah penting di perguruan tinggi dalam rangka mendukung Tri Darma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu beliau sangat mengharapkan bimbingan dan pendampingan teknis dari Tim DPK Lotim agar nantinya mampu memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam memenuhi kebutuhan informasinya.

Kepala Perpustakaan STIT NU Al-Mahsuni menargetkan akan menyelesaikan pengolahan buku yang baru tiba dari Perpusnas dalam waktu 2 minggu agar lekas dapat dinikmati oleh mahasiswa dan dosen.

“Alhamdulillah koleksi buku bertambah tidak hanya ada kumpulan skripsi saja namun saat ini juga ada buku bacaan umum,” katanya.

Bahkan sambungnya, Perpustakaan juga sedang memprogramkan penambahan koleksi melalui buku elektronik (e-book) agar dapat diakses melalui gadget/HP ataupun laptop sehingga semakin banyak ragam koleksi yang disuguhkan agar pemustaka tidak cepat bosan di perpustakaan, urainya.

Tim Pembinaan Perpustakaan DPK Lotim dalam pembinaannya memberikan arahan teknis terkait pengolahan buku sejak baru datang hingga siap layan serta bagaimana mengembangkan koleksi yang ada serta dapat mulai menerapkan perpustakaan digital.

Pustakawan DPK Lotim memberikan gambaran saat ini terutama di masa pandemi hampir semua lini kehidupan lumpuh namun perlahan bangkit bahkan menjadikan pandemi ini sebagai momentum khususnya perpustakaan untuk menggiatkan layanan dan kegiatan penyebarluasan informasi melalui daring atau memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Layanan perpustakaan dapat dilakukan daring misalnya layanan pendaftaran anggota, layanan baca buku, penelusuran koleksi bahkan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan pun dapat dilakukan dengan daring (online).

Banyak aplikasi media sosial dan video conference yang dapat dioptimalkan seperti facebook, whatsapp, instagram, zoom atau google meet. Dengan gunakan teknologi perpustakaan dapat dirasakan layanannya dimana saja dan kapan saja.

Kasi Pembinaan Perpustakaan menjelaskan “Tim pembinaan Perpustakaan tidak hanya sampai disini memberikan pendampingan namun kapan saja dibutuhkan akan siap membantu apalagi dizaman sekarang yang serba canggih yang jauh pun terasa dekat,” tuturnya

Harapannya perpustakaan dapat maju dan memenuhi kebutuhan informasi pemustakanya sehingga perpustakaan juga berperan dalam meningkatkan kualitas perkuliahan dan lulusannya kelak. Selain memberikan pendampingan teknis, Tim Pembinaan DPK Lotim juga menyerahkan bantuan stimulan koleksi buku yang diterima oleh perwakilan kampus. (*)

BERITA TERKAIT