oleh

Bupati Lotim Berjanji Hubungkan Jembatan Gili Beleq dan Gili Re

Memudahkan akses masyarakat, Pemerintah daerah (Pemda) Lombok Timur akan menghubungkan dua Gili. Setidaknya pada tahun 2021 mendatang jembatan tersebut dapat berdiri meskipun berbahan kayu.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id – Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy berjanji Gili Beleq dan Gili Re akan dihubungkan jembatan untuk memudahkan akses masyarakat, utamanya para siswa Sekolah Dasar.

H. Sukiman menyampaikan hal tersebut dihadapan warga Gili Re dan Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal pada acara Penyerahan Kapal dan Bakti Sosial kapolda NTB di Gili Re pada Senin (29/06).

Bupati Lombok Timur itu berkomitmen sebelum 2023 jembatan ini dapat diwujudkan demi keamanan dan kemudahan akses pendidikan anak-anak di Gili Re. Setidaknya pada tahun 2021 mendatang jembatan tersebut dapat berdiri meskipun berbahan kayu.

“Seperti diketahui anak-anak usia wajib pendidikan dasar di Gili Re harus menyeberang dengan berjalan kaki atau menggunakan perahu melintasi hamparan pasir dan air laut sepanjang 200-300m ke Gili Beleq tempat berdirinya SD 5 Pemongkong,” Ujar Bupati.

Opsi lain yang ditawarkan Bupati adalah dengan keberadaan bangunan sekolah atau SD kecil di Gili Re. Bupati menegaskan pendidikan harus didekatkan kepada masyarakat, sehingga Pemda mendirikan SD-SMP Satu Atap. Ia berharap opsi yang ada dapat mengurai persoalan pendidikan di Gili Re, sehingga anak-anak dapat pergi dan pulang sekolah dengan lebih aman.

Sementara itu Kapolda NTB pada kesempatan tersebut meminta masyarakat untuk bekerja keras dan bersungguh-sungguh mengatasi Covid-19. Kapolda mengingatkan agar masyarakat dapat berbahagia, sabar dan tidak panik menghadapi pandemi ini.

“Diingatkannya juga agar masyarakat dapt hidup selaras dengan tatanan baru dengan menggunakan masker, mengurangi kerumunan, dan rajin mencuci tangan,” Pesanya.

Kapolda NTB dan jajarannya sebagai rangkaian peringatan Hari Bhayangkara mengelar bakti sosial dan penyerahan kapal bagi warga Gili Re. Momen ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru yang penilaiannya akan dimulai pada 1 Juli mendatang. (Red).