oleh

Bupati Bima: Ramadhan Memiliki Arti Penting Bagi Umat Islam

-Religi-231 views
Bupati Bima Hj Inda Dhamayanti Putri saat memeberikan sambutan pada Safari Ramadan
Bupati Bima Hj Inda Dhamayanti Putri saat memeberikan sambutan pada Safari Ramadan

Bima, CR – Kecamatan Parado sebagai lokasi ke-6 pelaksanaan Safari Ramadhan Jajaran Pemerintah Kabupaten Bima, berlangsung Selasa malam (14/6) di Masjid Wustqa desa Parado Rato.

Pada kesempatan tersebut rombongan pemerintah Kabupaten Bima dipimpin oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri didampingi ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan S.Pd, Asisten I bidang pemerintahan dan Kesra Setda Drs. H. Abdul Wahab beserta para pejabat teras.

“Ramadhan memiliki arti penting bagi umat Islam karena akan menjadi pedoman di dalam menjalani 11 bulan ke berikutnya. Oleh karena itu manfaatkan dengan sebaik-baiknya kehadiran bulan Suci Ramadhan ini untuk melakukan sebanyak mungkin ibadah sebagai bekal. Jangan hanya bangga membangun masjid tetapi juga harus memberi contoh teladan di dalam beramal”. Kata Bupati  Hj. Indah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati secara khusus mengharapkan agar masyarakat lebih aktif dalam membangun daerah.

“Bupati dan Wakil Bupati diyakini tidak akan mampu mewujudkan keberhasilan tanpa kebersamaan dengan elemen masyarakat. Oleh karena itu mari bekerjasama membangun daerah dan saat ini memakmurkan masjid jangan hanya pada bulan Ramadhan tetapi pada bulan bulan lainnya”. Ajak Bupati.

Di hadapan para jamaah masjid Jambi Al-Wustqa Desa ParadoRato, Bupati Bima di hadapan Camat Langgudu Drs. Baharudin dan masyarakat setempat dalam arahannya mengharapkan agar pelaksanaan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Bulan Juli mendatang dapat berlangsung aman dan demokratis seperti pelaksanaan Pilkada beberapa waktu lalu.

“Jika kita bisa Pilkada dapat dilaksanakan secara damai, mengapa Pilkades tidak bisa kita laksanakan dengan damai juga”, tambah Bupati.

Berkaitan dengan kegiatan pemerintahan,  saat ini pemerintah tengah berupaya untuk mewujudkan visi dan misi, dan pada kesempatan tersebut Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Parado untuk bekerja membangun dana Mbojo, dan secara khusus memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk berbuat baik.

Sementara itu, Penceramah Ustadz H.M Syatur Ahmad dalam tausiyahnya menekankan pentingnya silaturahim sebagai pilar dalam Islam. Syatur  menjelaskan bahwa pada prinsipnya seluruh rangkaian ibadah puasa merupakan basis atau dasar dalam membentuk kasih sayang dan rasa cinta di antara sesama muslim.

“Intinya merajut kasih sayang sesama muslim itu penting dan tidak hanya sama muslim tetapi juga dengan umat lain termasuk makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya”. Urai penceramah.

Syatur juga menjelaskan perlunya kasih sayang kepada sesama ciptaan Allah SWT.

“Sayangilah makhluk yang ada di bumi, Insya Allah  akan diberikan keberkahan kepada kita. Apalagi Islam adalah ajaran yang mengedepankan kasih sayang. Oleh karena itu hubungan silaturahim antara sesama Muslim ibarat sebuah badan, yang bila sebagian sakit maka akan dirasakan seluruhnya oleh bagian tubuh tersebut. Demikian kuatnya kasih sayang yang diajarkan di dalam Islam.” tegasnya

Pada kesempatan tersebut pemerintah daerah melalui Asisten I Drs. H.  Abdul Wahab menyerahkan dana bantuan MTQ senilai Rp. 10 juta,  dana pembinaan majelis Taklim Rp. 2,5 juta, bantuan kitab Suci Al-Quran dan 1 paket buku cara cepat mempelajari Al-Quran. (RD)