oleh

Baznas Lotim Salurkan Bantuan “Berdaya” Tahap lll Kepada Mustahik Pelaku UMKM

banner 300500

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur (Lotim) laksanakan program pembinaan ekonomi bagi para asnaf pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Baznas Lotim sendiri memberi jargon “Berdaya” pada program ini, yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha penerima bantuan.

LOMBOK TIMUR, OttNews.id- Dalam kesempatan penyerahan bantuan program pembinaan ekonomi Baznas Lotim yang disebut “Berdaya” (Bangkitkan Ekonomi Rakyat dengan Zakat) itu, dihadiri pula oleh Bupati dan Ketua DPRD Lotim, yang selanjutnya didaulat memberikan bantuan secara simbolik kepada masyarakat penerima bantuan.

Ketua Baznas Lotim, Ismul Basyar mengatakan jika dalam penyaluran bantuan “Berdaya” tahap ketiga ini, Baznas Lotim menyalurkan bantuan sejumlah 200 Juta, yang ditujukan kepada 78 kelompok usaha masyarakat.

“Pada penyaluran bantuan pembinaan program ekonomi “Berdaya” ini disalurkan ke 78 kelompok, ada dari bidang kerajinan, bakulan dan UMKM, dengan akumulasi bantuan 200 juta, tapi per kelompok menerima bantuan secara variasi,” kata Ismul, Jum’at (11/09/2020).

Dirinya juga menjelaskan jika kegiatan ini pernah juga dilakukan saat masa Pandemi Covid-19 berdasarkan protokol kesehatan. Tapi baru dilakukan secara terpusat setelah diberlakukannya masa new normal.

“Sebelum ini di triwulan pertama dan kedua kita lakukan sesuai protokol kesehatan, di tahap pertama kami salurkan kepada 19 KUBe, UMKM, lali di triwulan kedua ke 87 KUBe. Baru ini baru bisa kita laksanakan di masa new normal setelah kita pengkajian selama dua bulan, maka kita laksanakan hari ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga, Ismul berharap agar bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat, dan berjanji pihaknya akan menjalankan program lainnya kepada masyarakat

“Kami berharap apa yang menjadi program Baznas dapat mengurangi beban masyarakat. Dan
untuk diketahui bersama ada lima program Baznas Lotim, diantaranya pembinaan di bidang pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, ekonomi, dakwah dan advokasi bagi para asnaf,” jelasnya.

Bupati Sukiman dalam kesempatan itu menegaskan, jika kegiatan Baznas Lotim semacam ini agar terus dilakukan setiap bulan. Bahkan bila perlu dilaksanakan di Pendopo.

“Saya berharap kegiatan ini tetap dilakukan setiap bulan di sini, karena tempat ini milik masyarakat. Agar peningkatan ekonomi cepat terwujud”

Sukiman juga berpesan agar semua pihak berkolaborasi, dan Baznas Lotim harus memainkan peran itu, sebab menurutnya terciptanya kesejahteraan masyarakat adalah tanggungjawab bersama

“Ada tiga komponen yang harus tercipta di tengah masyarakat yakni keamanan, kesehatan lalu kesejahteraan. Itu adalah tiga kunci utama dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat, karena kesejahteraan adalah ikhtiar bersama,” katanya. (Cr-Pin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT