oleh

Arpusda Lombok Timur Luncurkan E-Lotim

-Pendidikan-369 views

Dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur dalam merancang Gumi Selaparang sebagai Kabupaten yang kaya literasi.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Lombok Timur membuat sistem perpustakaan terintegrasi digital yang mampu menjangkau dan dijangkau oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Lombok Timur.

Belum lama ini Dinas Arpusda Lombok Timur mencetuskan program E-Lotim guna memudahkan masyarakat menambah wawasan yang bisa diakses melalui gadget secara online.

Kepala Dinas (Kadis) Arpusda Lombok Timur, H. Marwan pada Corong Rakyat, di ruang kerjanya, Jum’at (13/12/2019) menuturkan, Program E-Lotim dihajatkan untuk mempermudah masyarakat dalam hal meminjam buku di Arpusda.

“E-Lotim bisa diakses dimanapun dan kapanpun melalui Gadget atau HP Android, Komputer ataupun Laptop tanpa harus ke kantor Perpustakan daerah,” tandas H. Marwan.

H. Marwan juga menambahkan, untuk bisa mengakses situs ini masyarakat tentu harus mendaptar sesui dengan mekanisme yang ada baru bisa masuk dan terdaftar sebagai anggota yang diprogram E-Lotim.

“Adapun sistem peminjaman buku ini, lanjut Marwan, tiap user hanya boleh meminja tiga judul atau tiga jenis buku dalam kurun waktu Tiga hari terhitung sejak peminjaman,” jelasnya pula.

Menurut H. Marwan, program E-Lotim ini sudah disosialsasikan hampir disemua jenjang pendidikan yang ada di Lombok Timur, yakni mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi dengan stok 690 judul buku, mulai dari buku pendidikan, agama, sosial, budaya, politik dan lainnya.

Dikatakannya, bahwa selama Lima bulan terakhir ini program E-Lotim masih tahap uji coba dan baru akan dilouncing pada bulan Januari 2020.

“Kami bersyukur walaupun masih dalam tahap uji cobaa, untuk jumlah pengunjung E-Lotim sampai hari ini bisa dikatakan mencapai belasan ribu pengunjung, karena sistem operasinya online dan gratis bagi semua masyarakat Lombok Timur,” kata Kadis H. Marwan.

Lebih jauh ia berharap, kedepannya program E-Lotim mampu meningkatkan dan memudahkan minat baca masyarakat, mengingat ilmu itu bisa diterima dari buku dan yang lainnya.

“Kami berharap Pemerintah mendukung penuh program ini mengingat perpustakan ini menjadi garda pertama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya di Gumi Selaparang ini,” pungkasnya. (Cr-10)