oleh

Anggaran Terbatas, LHK Lotim Tetap Optimis Tangani Stunting

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kadis LHK) Lombok Timur (Lotim), Marhaban memaparkan jika pihaknya tetap fokus dalam penanganan stunting, dan akan lebih bekerja keras pada tahun 2021

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dalam penanganan stunting, Dinas LHK Lotim, tetap berupaya untuk mengambil langkah pengentasan stunting, utamanya terkait dengan kebersihan dan perbaikan sanitasi lingkungan, pun saat ini anggaran di dinasnya terbatas.

“Memang betul lingkungan menjadi salah satu indikator dari penanganan stunting, cuma yang harus kita pahami, ada keterbatasan sehingga tidak bisa kita lakukan semua,” katanya (29/06/2020)

Dirinya juga menjelaskan, Dinas LHK sesuai dengan amanat dari Bupati Lotim, mendapatkan Kecamatan Suralaga, sebagai kecamatan binaan, sehingga di Suralaga selaku wilayah binaan langsung ditangani oleh Kabid Pertamanan.

“Untuk kecamatan binaan kita kecamatan Suralaga yaa, kami tugaskan Kabid Pertamanan di sana, semua desa-desa mana yang menjadi sasaran ada datanya kita, intinya kita berupaya semampu kita” katanya.

Langkah yang telah dilakukan dalam upaya itu adalah dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, “upaya kami memberikan sosialisasi, motivasi terhadap warga masyarakat, minimal untuk peduli dengan lingkungannya,” ungkap Marhaban.

Imbuhnya, apabila masyrakat tidak mampu untuk membuang sampahnya, maka Dinas LHK Lotim telah menyiapkan 15 armada pengangkut sampah.

“Armada yang kita kerahkan untuk mengangkut sampah sebanyak 15 armada, yang difokuskan untuk wilayah perkotaan,”imbuhnya.

Sedangkan sambungnya, untuk wilayah pedesaan bersifat situasional, di mana terlebih dahulu LHK, baru kemudian turun ke lokasi. “Untuk desa bersifat insidentil bisa karena kita tunggu kontak sehingga nanti apabila mereka tidak mampu membuang sampahnya, tinggal dikontak kami,” tegasnya.

Marhaban menutup, pada tahun 2021 mendatang, Dinas LHK seperti yang dikemukakan oleh Bupati tetap optimis di tahun 2021 dalam penanganan stunting di Lotim.

“Untuk 2021 seperti yang dikemukakan oleh Bupati, kita siap juga, karena tidak terlepas sumbangsih kita dari lingkungan,” tutupnya. (Cr-Pin).

BERITA TERKAIT